Banda Aceh – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Washliyah Banda Aceh (AW-BNA) menggelar ‘Seminar dan Webinar Nasional Jaringan Ulama Aceh dan Nusantara’ pada Jum’at (27/11/2020) Siang.

Pemateri dari Seminar Nasional tersebut yaitu pertama Dr. Nurkhalis Mukhtar, LC., MA selaku Ketua STAI AW-BNA dan kedua Seorang Peneliti Sanad Qiraat Nusantara, Gus Muhammad Abid Muaffan yang berasal dari Jawa Timur. Serta yang menjadi Moderator yaitu Sumardi Efendi, S.H.I., M.Ag, Waka 2 STAI AW-BNA.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan dua metode, yaitu metode Offline dan Online. Metode Offline berlangsung di Ruang IV Gedung Perguruan Tinggi (PT) AW-BNA dan ditujukan kepada peserta yang berada di sekitar lokasi kegiatan, yaitu Banda Aceh dan Aceh Besar. Sedangkan metode Online berlangsung Via Live Zoom.

Peserta yang mengikuti kegiatan melalui metode Offline sebanyak 21 orang hadir di PT AW-BNA dengan mengikuti protokol kesehatan. Dan peserta yang mengikuti kegiatan melalui metode online sebanyak 103 orang, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut Dr. Nurkhalis Mukhtar, LC., MA mengatakan bahwa pembahasan tentang Ulama-ulama Nusantara, khususnya Aceh sangat penting bagi para pemuda dan masyarakat di era modern ini, untuk menambah pengetahuan tentang perjalanan dan jaringan para ulama.

“Dengan diadakannya kegiatan Seminar Nasional ini, semoga dapat menjadi penambah pengetahuan dan keilmuan jaringan para ulama pejuang negeri kita, dan ini sangat penting bagi kalangan pemuda jaman sekarang.” Ujar Nurkhalis.

Kemudian Gus Muhammad Abid Muaffan juga menjelaskan bahwa sejarah perjalanan para ulama Aceh sangat menarik untuk dikupas dan diteliti, mulai dari masa kerajaan Samudra Pasai hingga masa kini.

Kegiatan yang berlangsung selama 85 menit ini dihadiri secara langsung oleh Beberapa Dosen PT AW-BNA, Perwakilan Himpunan Mahasiswa Al-Washliyah (HIMMAH), Perwakilan Korps Suka Rela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Unit AW Banda Aceh, Mahasiswa PT AW BNA dan Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh. (Asbi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *