“Untuk apa kuliah? gunanya apa?”. Setiap orang tentu akan memiliki jawaban yang berbeda-beda. Namun inti dari jawaban ini kurang lebih sama, yaitu menuntut ilmu, lulus, menjadi sarjana, dan membanggakan kedua orang tua. Akan tetapi, masa perkuliahan akan terasa kurang lengkap jika kamu tidak memanfaatkan waktu kosong yang kamu miliki selama masa kuliah dengan mengikuti suatu kegiatan organisasi kampus. Berikut beberapa alasan kenapa kamu sebagai Mahasiswa sebaiknya aktif dalam berorganisasi.

1. Membuatmu lebih banyak pengalaman

Kamu akan menemui berbagai aktivitas yang dilakukan dalam sebuah organisasi kampus seperti mengadakan acara sosial, membentuk forum, kerjasama dengan berbagai pihak, dan aktivitas lainnya yang akan menuntut kamu untuk bertemu dengan orang baru, baik itu di dalam kampus maupun di luar kampus. Pengalaman berorganisasi ini cukup berharga dan dapat dijadikan referensi ketika kamu melamar pekerjaan.

2. Belajar mengatur waktu

Menjadi seorang organisator memerlukan waktu dan tenaga ekstra, kamu harus bisa membagi waktu antara kuliah, kegiatan organisasi dan kegiatan lainnya. Hal ini memang bukan perkara yang mudah, tetapi secara tidak langsung dapat mengajarkan kamu untuk selalu disiplin dan pintar mengelola waktu. selain itu dengan mengikuti organisasi secara otomatis kamu telah memanfaatkan waktu kosong untuk hal-hal yang produktif. Sayang sekali jika banyak waktu terbuang untuk hal yang tidak bermanfaat.

3. Memiliki banyak teman

Organisasi kampus biasanya terdiri dari orang-orang yang berbeda fakultas dan jurusan, belum tentu kamu bisa mengenal mereka jika kamu hanya belajar di kelas saja. Banyaknya kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dalam organisasi tentu saja akan membuat kamu menjadi dekat dengan mereka yang berbeda fakultas dan jurusan. Memiliki banyak teman dan relasi tentu saja hal yang sangat seru dan menyenangkan. Selain itu juga banyaknya relasi tentu saja sangat bermanfaat bagi kamu, mereka bisa jadi adalah orang-orang yang akan mendukungmu saat kamu kesulitan selepas lulus dari kampus nantinya.

4. Melatih jiwa kepemimpinan

Memiliki jiwa kepemimpinan merupakan hal yang sangat penting bukan? Jiwa kepemimpinan bukan hanya harus dimiliki oleh seorang ketua, namun hal ini juga harus dimiliki oleh setiap orang. Salah satu tempat untuk melatih jiwa kepemimpinanmu adalah sebuah organisasi. ikuti prosesnya, banyak belajar ketika kamu baru bergabung, jangan sungkan untuk bertanya kepada anggota senior yang lebih berpengalaman, karena ada saatnya nanti kamu akan diberi tanggung jawab untuk memimpin. Dalam organisasi kamu akan belajar bagaimana membuat keputusan, melakukan kesepakatan bersama, berdiskusi, menyelesaikan suatu permasalahan, dan masih banyak lagi. Hal itu bisa memberimu ajang simulasi yang bagus sebelum kamu masuk ke dalam lingkungan kerja nantinya.

5. Lebih percaya diri dan melatih cara berkomunikasi

Kamu akan belajar dan berlatih untuk berkomunikasi dengan banyak orang baik itu dengan orang yang memiliki posisi diatas kamu, teman satu organisasi, maupun dengan adik tingkat. Misalkan dalam sebuah forum atau diskusi, kamu bisa berlatih menyampaikan pendapat, bertanya, mengkritik, menerima kritikan dan menghormati pendapat orang lain. Jangan takut untuk menyampaikan sesuatu, diawal-awal mungkin kamu akan merasa malu dan tidak percaya diri. Namun, jika hal itu terus menerus kamu lakukan maka secara tidak langsung kepercayaan diri dan kemampuan komunikasimu akan meningkat.

6. Sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan yang kamu miliki

Dalam suatu kampus biasanya beragam organisasi yang bisa kamu ikuti, kamu tinggal pilih mana yang sesuai dengan minat. Seperti halnya di STAI Al-Washliyah Banda Aceh, terdapat berbagai macam pilihan organisasi dan unit kegiatan mahasiswa. Mulai dari organisasi kampus secara umum seperti Himpunan Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa, dan Pemerintahan Mahasiswa. Selain itu juga ada organisasi lainnya yang biasa dikenal dengan istilah unit kegiatan mahasiswa, yang terdiri dari Pencak Silat, Volly, Paduan Suara, Jurnalistik, dan Pengajian.

Namun, mengikuti suatu organisasi bukan hal yang utama untuk dilakukan, karena tugas utama seorang mahasiswa adalah berkuliah. Selain itu, manfaat dalam mengikuti organisasi akan kamu dapatkan jika kamu bertanggung jawab dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti organisasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *