Banda Aceh – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Washliyah Banda Aceh (AW-BNA) Gelar Webinar Internasional dengan Tema Job Opportuities Abroad, pada Sabtu (12/12/2020) Pagi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui Media Virtual Zoom. Acara dibuka Oleh Ketua STAI AW-BNA, Dr. Nurkhalis Mukhtar, LC., MA.

Ketua Panitia, Riki Asbi, Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah (HES) STAI AW-BNA, mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 187 peserta dari Perguruan Tinggi , lembaga dalam negeri, serta peserta luar negeri dari Thailand dan Malaysia.

“Kami sangat bersemangat dan bersyukur karena Webinar ini diikuti oleh 187 peserta dari perguruan tinggi, lembaga dalam negeri, serta peserta luar negeri dari Thailand dan Malaysia,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut diisi oleh tiga pemateri, Pertama Mohammad Haikal, ST., MIFP, Komisioner Baitul Mal Aceh dan Mantan Representatif Bank di Arab Saudi; Kedua Dimas Hendra Saputra, Praktisi Perbankan Indoneisa di Hongkong; Ketiga Taufiq M. Yusuf Njong, Peneliti dan Praktisi Hukum Ketenagakerjaan Sudan.

Saat kegiatan berlangsung, Mohammad Haikal memaparkan isu tentang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja diluar negeri. Ia juga mengatakan bahwa jangan sesekali bekerja diluar negeri secara Ilegal, atau tidak mengikuti syarat dan aturan yang berlaku.

Pemateri kedua, Dimas Hendra Saputra, mengungkapkan gambaran tentang para pekerja Indonesia yang bekerja di Hongkong, perbandingan statistik penghasilan pekerja indonesia di Hongkong, dan strategi untuk dapat bekerja diluar negeri. Ia juga mengatakan bahwa jika berencana untuk bekerja diluar negeri harus dapat menguasai bahasa inggris.

Pemateri ketiga, M. Taufiq Yusuf  Njong, mengatakan bahwa untuk bekerja diluar negeri, hal terpenting yang harus dipersiapkan adalah kecakapan bahasa inggris, dan akan menjadi nilai tambah jika dapat menguasai bahasa Negara setempat.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 1 jam 47 menit, dimuai dari pukul 10.00 WIB sampai pukul 11.47 WIB.

Saat Closing Statement, Mohammad Haikal mengatakan, bagaimanapun hebatnya pengetahuan, trik dan strategi yang kita miliki, hal terpenting yang harus diperhatikan saat bekerja diluar negeri adalah Attitude atau Sikap.

“Terserah bagaimanapun hebatnya kita dalam hal pengetahuan, trik, dan strategi saat bekerja diluar negeri, jika tidak ada Attitude atau Sikap, kita akan hancur,” ujar Haikal.

Di akhir acara, Ketua Panitia berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat memberikan Motivasi untuk para peserta yang ingin bekerja diluar negeri dan dapat memberikan energi positif bagi seluruh peserta. Ia juga berharap kedepannya akan terus menyelenggarakan kegiatan Positif untuk masyarakat. (Asbi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *